PELATIHAN KPM BERPRESTASI DAN PEMBENTUKAN FKPM SITUBONDO

SITUBONDO – KPM ( Kader Pemberdayaan Masyarakat ) kabupaten Situbondo melaksakan pelatihan pasca penilaian Lomba KPM Berprestasi tahun 2019 yang dilaksanakan pada bulan maret – April bulan lalu yang penilaiannya dilaksanakan langsung di Desa Setempat oleh tim penilai Kabupaten dimana pemenang telah di umumkan oleh DPMD melalui surat keputusan yang di tandatangi oleh Bupati Situbondo. Berikut daftar juara KPM berprestasi tahun 2019.
Peringkat 1    : JUFRI Desa Sumberrejo Kec. Besuki
Peringkat 2    : YUDHISTIRA. HS Desa Olean Kec. Situbondo
Peringkat 3    : SITI FARIDATUN. A Desa Awar-Awar Kec. Asembagus
Peringkat 4    : BUDIARSO Desa Kayumas Kec. Arjasa
Peringkat 5    : AGUS PRIHANDOKO Desa Kesambirampak Kec. Kapongan
Peringkat 6    : SITI ZAINIYAH Desa Patemon Kec. Bungatan

Drs. H. SURADJI, M. M, selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Situbondo mengatakan, bahwa KPM ini dibentuk sebagai mitra Pemerintahan Desa dalam melaksakan dan mensukseskan kegiatan pemberdayaan masyarakat utamannya di lingkungan Kabupaten Situbondo, sesuai dengan permendagri no 7 tahun 2007 dan Permendes no. 3 tahun 2005, Dan mohon kepada seluruh kepala Desa se- Kabupaten Situbondo untuk menganggarkan kegiatan Pemberdayaan yang di lakukan oleh KPM. Pungkasnya di sela sambutan pembukaaan pelatihan KPM berprestasi tahun 2019.

“ Kegiatan KPM berprestasi ini di laksanakan selama 2 hari dari tanggal 29-30 April 2019 di Lantai 2 aula DPMD kabupaten situbondo, peserta dari kegiatan ini berasal dari 17 kader berprestasi yang mewakili masing-masing kecamatan termasuk yang juara satu sampai enam, dan nantinya juga akan di bentuk Forum KPM Kabupaten Situbondo yang akan di ajukan ke bupati untuk mendapatkan SK Bupati dan insentif dari Kabupaten.” Ujar Bapak Syamsuri selaku Kepala Bidang Bina Pemberdayaan dan Kelembagaan. Kegiatan lomba KPM Berpresatasi ini akan terus berlangsung setiap tahunnya, maka dari itu Dinas PMD membentuk sebuah forum KPM Kab. Situbondo harapanya bisa saling berbagi kegiatan antara KPM di kabuapten situbondo agar di tularkan ke KPM-KPM di desa yang ada di tiap kecamatan. Sambung Bapak Syamsuri.

Dengan dipandu oleh Ibu EVIANA ANGGRIASIH, S. E dalam materi Forum KPM, terbentukla susunan kepengurusan Forum KPM Kab. Situbondo sebagai berikut :
Ketua               : YUDHISTIRA. HS ( Ds. Olen Kec. Situbondo )
Sekretaris         : AGUS PRIHANDOKO ( Ds. Kesambirampak Kec. Kapongan )
Bendahara        : SITI FARIDATUN ( Ds. Awar-awar Kec. Asembagus )
Div. 1                : SITI ARIYATI ( Ds. Sumber Malang Kec. Sumber Malang )
                         : RITA NOR ( Ds. Jati Banteng Kec. Jati Banteng )
Div. 2               : JUFRI ( Ds. Selo Banteng Kec. Besuki )
                         : ABD. AZIS ( Ds. Ketah Kec. Banyu Glugur )
Div. 3               : MUHLIS ( Ds. Ketah Kec. Suboh )
                         : SITI ZAINIIYAH ( Ds. Patemon Kec. Bungatan )
Div. 4              : IDA ROYANI ( Ds. Langai Kec. Panarukan )
                        : NAYLATUL FAUZIAH ( Ds. Balung Kec. Kendit )
Div. 5              : KUSNOTO ( Ds. Siliwung Kec. Panji )
                        : MOH. ANSORI ( Ds. Tanjung Glugur Kec. Mangaran )
Div. 6              : BUDIARSO ( Ds. Kayu Mas Kec. Arjasa )
                        : BUSAERI ( Ds. Kumbang Sari Kec. Jangkar )
Div. 7              : IMELDA NUR. F  (Ds. Sumber Waru Kec. Banyu Putih)
                        : AGUSTRIAN RAHMAN ( Ds. Sumber Anyar Kec. Mlandingan )

Pembentukan forum ini tidak hanya serta merta di bentuk lalu tidak ada tugas, para pengurus yang sudah terpilih natinya akan ada pelatihan lanjutan terkait tugas-tugas yang akan dilaksanakan selain tugas mereka sebagai KPM, ujar ibu EVIANA ANGGRIASIH, S. E disela pembentukan forum.

Dari kegiatan Pelatihan KPM diharapkan mampu membantu Pemerintah Desa Dalam melaksanakan, mengorganisir, memotivasi masyarakat untuk memajukan desa dari segala aspek, KPM adalah pelaksana atau motor dari lembaga LPM yang ada di Desa sesuai permedagri 18 Tahun 2018. (ag.pradana. Red)
LihatTutupKomentar