Peringatan Hari Jadi Desa Kesambirampak Berlangsung Meriah

Kesambirampak---Dalam rangka memperingati Hari Jadi Desa Kesambirampak (Harjadepak) yang ke 102 tahun sekaligus Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 Hiriyah, LPM dan Karang Taruna Desa Kesambirampak mengadakan Selametan Desa yang dikemas dalam acara Doa Bersama dan Lomba Pawai Lampion. Acara yang dirintis oleh serangkai yang menamakan dirinya Trio Kakak Alek ini yakni Agus Prihandoko, Sugeng Firmansyah dan Abdul Ghafur sukses memeriahkan peringatan Harjadepak tersebut. Selametan Desa tersebut dibagi menjadi 2 acara, yakni Doa Bersama yang dilaksanakan pada siang hari yang dikenal dengan ngogghe’aghi ke seluruh Asta Buyut di Desa Kesambirampak, serta Lomba Pawai Lampion yang dilaksanakan pada malam hari yang diikuti oleh seluruh musholla se Desa Kesambirampak.
Acara Doa Bersama tidak pernah absen dari peringatan Hari Jadi Kesambrampak (Harjadepak), karena mengandung nuansa religious tersendiri bagi Pemerintah Desa Kesambirampak, pasalnya Kepala Desa Kesambirampak, Sucipto, menginginkan seluruh buyut dan pemimpin Kesambirampak sebelumnya harus didoakan agar tercipta kerukunan dan kebahagiaan warga Kesambirampak. ”Jhek kaloppae ka se kona, ka bujuk kodu ngongghe’aghi malle salamet, ben para patenggi se pon sobung kodu kaenga’i jugen, nika merupakan etika dalam kepemimpinan” ujarnya.
Setelah acara doa bersama kepada seluruh Asta Buyut Desa Kesambirampak, acara Selametan desa dilanjutkan dengan Lomba Pawai Lampion yang diikuti oleh 15 Musholla se Desa Kesambirampak. Sebagaimana disampaikan oleh Abdul Ghafur salah satu panitia saat ditemui di Taman Lanceng, bahwa Lomba Pawai Lampion dimulai di Taman Lanceng dan finish di rumah Kepala Desa. “Lomba pawai lampion ini diikuti oleh musholla se Kesambirampak, berjalan kaki dimulai dari Taman Lanceng Kapongan, melewati jalan Cermee dan berakhir di Rumah Bapak Sucipto, Kepala Desa kesambirampak. Untuk nomor urut sudah ditangani oleh Farizal dan Misdarmaji, sehingga setelah terpasang semua, kita mulai berangkat” ujarnya.
Solidaritas antar pemuda LPM dan Karang Taruna masih melekat, mereka bahu membahu selama pelaksanaan acara tersebut. “Terima kasih kepada Saudari Risa, Sugeng, Zainal dan teman-teman LPM serta Karang Taruna lainnya. Kita sangat berharap acara kita berjalan dengan lancar, karena semangat kami merupakan wujud terima kasih kami kepada Desa Kesambirampak atas wadah kepada kami pemuda untuk berkiprah” sambung Agus Prihandoko di Taman Lanceng Kapongan.

Sebagai puncaknya dalam serangkaian acara peringatan Harjadepak dan Tahun baru islam tersebut adalah pemberian hadiah bagi juara Lomba Dusun Berseri dan Pawai Lampion. Kemudian sebagai acara hiburan, masyarakat disuguhkan dengan tontonan lawak Cak Sutawi Grup. Para pamuda berharap banyak kepada Pemerintah Desa Kesambirapak yang sangat memperhatikan para pemudanya, mengingat event tahunan masih akan terus berlanjut di tahun berikutnya dengan inovasi terbarukan dan terprogres. (Haris_red)

sumber : https://kesambirampak.desa.id
LihatTutupKomentar