JUARA 1 SIGAP 2018



NYIOR CANGKA- Luapan kegembiraan atas Juara 1 dalam nominasi Desa Berseri lomba Situbondo Green Aaward for Public (SIGAP), dilanjutkan dengan acara tasyakuran di malam berikutnya, Minggu (16/12).

Warga Desa Kesambirampak Kecamatan Kapongan, khususnya warga Dusun Nyior Cangka yang berada di kawasan Gejem Flowers (G-Flow) Garden, merayakannya bersama Pemerintah Desa (Pemdes) setempat. Selain itu, hadir pula Camat Kapongan, Buchari memberikan apresiasi kepada warga yang ikut mengharumkan nama Kecamatan.

“Ini sebuah kebanggaan bagi kami, karena Desa Kesambirampak mampu memberikan prestasi terbaik sebagai Juara 1 Desa Berseri dalam Lomba SIGAP 2018. Ini harus terus ditingkatkan, agar Desa Kesambirampak bisa mempertahankan di tahun mendatang,” ujar Camat Buchari.

Buchari berharap, karena nantinya akan diikutkan lomba tingkat Provinsi, masyarakat lebih giat lagi berinovasi dalam meningkatkan Desa Berseri. “Mudah-mudahan dalam lomba Tingkat Provinsi, kita bisa meraih prestasi yang diharapkan sebagai juara,” paparnya.

"Maka dari itu saya berharap, tidak hanya Dusun Nyior Cangka saja yang menanam bunga. Namun Dusun lain juga menanam bunga. Sehingga nantinya seluruh Desa Kesambirampak menjadi indah,” imbuhnya.

Perlu diketahui, acara tasyakuran ini dikemas dengan bakar-bakar ikan dan makan bersama. Setelah diawali dengan do’a dan pembacaan shalawat. Kegiatan ini bertempat di rumah Totok Heru Purwanto, salah satu tokoh Dusun Nyior Cangka.

Meski cukup sederhana namun meriah, warga mempersiapkan dengan kekompakan dan dibagi dengan tugas masing-masing. Ada yang bertugas memasak nasi, memanggang ikan, penerima tamu, serta perlengkapan acara.

Suasana gotong-royong tampak sekali, menjadi pemandangan biasa di dusun ini. Tampak sekali Kepala Desa (Kades) Kesambirampak, Sucipto berada di tengah-tengah warganya.

Seperti viral di media sosial, bahwa Nyior Cangka dikenal sebagai Kampung Bunga Kenikir. Bunga kenikir di sepanjang jalan dusun, mulanya digagas tokoh pemuda setempat, Matharis Adi Jamil bersama mahasiswa KKN 237 Universitas Jember.

Keindahan itu menjadi salah satu unsur, yang membuat Desa Kesambirampak menjuarai Lomba Sigap kategori Desa Berseri Tahun 2018.

Acara Tasyakuran tersebut juga dihadiri pengurus LPM dan Karang Taruna Desa Kesambirampak. Mereka ikut andil memeriahkan acara tersebut, melalui suara emasnya. Canda dan tawa nampak diantara undangan yang hadir, dengan masyarakat Nyior Cangka yang bersahabat. Sehingga acara tasyakuran menjadi meriah.

Bagi mereka, acara Tasyakuran ini bukanlah akhir perjuangan Desa Kesambirampak dalam meraih prestasi juara 1. Itu merupakan amanah yang harus dipertahankan, untuk membuktikan kemajuan desanya. Bersama-sama menggandeng masyarakat secara menyeluruh, agar upaya Pemerintah Desa dapat berjalan terwujud. 

LihatTutupKomentar